BOOKING TIKET PESAWAT

Pasar fisik

Pasar fisik. Info sangat penting tentang Pasar fisik. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai Pasar fisik

Pasar fisik 30
Bisnis Dealer Pulsa Elektronik Murah dan Info Seluler
Sebanyak 6 perusahaan segera bergabung dengan pasar fisik CPO yang difasilitasi oleh Bursa Berjangka Jakarta (BBJ). Awal tahun 2010, BBJ berencana meluncurkan kontrak berjangka (future ) CPO. "Ada 6 perusahaan yang sudah sounding ingin bergabung pasar fisik CPO kita. Dua diantaranya sudah registrasi," ujar Direktur BBJ, Edi Susmadi di kantornya, Jl. M.H. Thamrin, Selasa (4/8/2009).

Dua perusahaan yang sudah melakukan registrasi adalah PT Fath Indonesia dan PT Bina Karya Prima, sedangkan 4 perusahaan yang kemungkinan akan bergabung adalah PT Cargil Indonesia, PT Asam Jawa, PT Torganda dan PT Tolan Tiga. "Kami berharap dengan semakin banyak pemain CPO yang bergabung dalam pasar fisik CPO akan membuat transaksi lebih atraktif, sehingga tujuan utama pasar fisik CPO bisa menjadi acuan harga bagi seluruh pedagang CPO di Indonesia, bisa terwujud," ujarnya.

Pasar fisik CPO BBJ baru diluncurkan akhir Juni lalu. Sejauh ini ada 11 perusahaan yang terdaftar sebagai penjual yakni PTPN I-VIII, PTPN XIII, PTPN IV dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). Pembeli yang sudah terdaftar dan sudah aktif transaksi di pasar fisik CPO BBJ adalah PT Musim Mas, PT Pelita Agung Industri, PT Naga Mas Palmar Oil Lestari, PT Wilmar Nabati Indonesia dan PT Sinar Mas Agri Resources & Technology Tbk (SMART).

Rata-rata perdagangan CPO di pasar fisik ini per harinya sekitar 500 ton (1 lot) senilai Rp 3 miliar. Total transaksi pasar fisik CPO sejak diluncurkan akhir Juni lalu sudah sebesar 12.500 ton (25 lot) senilai Rp 81 miliar. "Itu masih sedikit. Butuh lebih banyak penjual dan pembeli agar lebih atraktif. Kita harap dalam 4-6 bulan harga yang terbentuk di pasar fisik CPO bisa menjadi harga acuan para pedagang CPO di Indonesia," jelas Edi.

Untuk memperkuat rencana BBJ menjadi acuan harga komoditas CPO, BBJ juga berencana meluncurkan perdagangan kontrak berjangka CPO pada awal 2010. Dengan adanya kontrak berjangka CPO, akan menimbulkan tarik menarik antara harga yang terbentuk dengan di pasar fisik CPO. "Adanya kontrak berjangka CPO akan menambah atraktif pergerakan transaksi komoditas CPO," ujarnya.

detikfinance.com


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger